Minggu, 17 Oktober 2010

MANFAAT SUSU BAGI TUBUH

Manfaat Susu

Susu dapat dikatakan sebagai makanan terbaik bagi mahluk hidup di darat, termasuk manusia. Susu mengandung hampir semua nutrisi penting yang ditubuhkan orang untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh sehari-hari.

Tubuh kita membutuhkan enam jenis nutrien. Nutrien tersebut adalah air, karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. keenam nutrien tersebut bermanfaat untuk menghasilkan tenaga, pertumbuhan dan memperbaiki jaringan yang rusak. Hampir semua jenis nutrien tersebut terkandung dalam susu. Selain itu, susu juga mengandung vitamin A, C, dan D yang cukup, disamping mengandung kasium dan gula.

Tubuh kita sebagian besar terdiri atas cairan, yaitu 60-70 persen. Cairan yang masuk ketubuh kita bisa berasal dari air putih, minuman ringan, teh, kopi, makanan dan buah yang mengandung air, dan tentu saja susu cair segar.

Kalsium adalah mineral yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan tulang. Anak dengan asupan kalsium cukup akan melewati masa pembentukan tulang dengan baik. Tulang merupakan sebuah jaringan yang hidup. Saat manusiaberanjak dewasa, tulang berhenti tumbuh, tetapi akan selalu aktif. jaringan tulang senantiasa berubah bentuk. maksudnya jaringan tersebut dapat rusak dan tumbuh kembali.

Kekurangan kalsium mengakibatkan tulang dan gigi rapuh dan lemah sehingga mudah retak dan patah. selain itu, kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan tulang keropos.
rapuh tulang dan keropos tulang dapat juga menimpa anak-anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar