Sabtu, 23 Oktober 2010

layanan ILAB

Saya akan menjelaskan bagaimana cara layanan ilab gunadarma
Untuk menjelaskan layanan ilab sebagai berikut :
ILAB
1. pengenalan ilab :
Usia mahasiswa yang mulai beranjak dari masa remaja menjadi masa dewasa, perlu diisi dengan pembelajaran sikap-sikap kedewasaan. Salah satu sikap kedewasaan adalah bertanggung-jawab pada dirinya sendiri. Masa depannya adalah tanggung-jawabnya sendiri, karenanya setiap mahasiswa harus memiliki sikap “tidak membuang-buang waktu” untuk hal-hal yang tidak membawa manfaat bagi dirinya. Kesalahan dalam bersikap akan membawa konsekuensi yang harus dipertanggung-jawabkan pada dirinya.
Terkait dengan sikap bertanggung-jawab di atas adalah sikap kemandirian. Kita tidak boleh atau tidak dapat menyerahkan masa depan kita pada orang lain. Sedikit-banyak, masa depan kita tergantung pada apa yang sedang kita lakukan saat ini. Karenanya, saat ini kita harus berbuat sesuatu yang dapat membantu pencapaian cita-cita masa depan. Untuk itu setiap mahasiswa harus memiliki komitmen pada diri sendiri, mana yang perlu atau harus dilakukan dan mana yang tidak perlu atau tidak harus dilakukan. Memang, tidak semua keinginan kita dapat terwujud, karena setiap manusia pasti memiliki kendala atau kekurangan. Karenanya, kita perlu memiliki strategi, prinsip, dan keyakinan diri agar dengan adanya kendala apapun, cita-cita masa depan pasti akan terwujud.
Dengan konsep kemandirian dan strategi pembelajaran kedewasaan, mulai tahun akademik PTA 2008/2009, iLab hadir bukan hanya sekadar tempat praktikum, namun lebih dari itu, ILab menempa setiap praktikan agar memiliki pribadi yang mandiri dan memiliki sikap tanggung-jawab yang tinggi atas (keputusan yang diambil oleh) dirinya sendiri.
Berbeda dengan laboratorium komputer regular yang dimiliki oleh setiap program studi, konsep dari iLab adalah praktikum mandiri. Praktikan mengerjakan praktikum secara mandiri, tidak ada asisten praktikum seperti di laboratorium reguler lainnya yang biasanya diminta membantu para praktikan jika ada kesulitan. Semua perintah, langkah-langkah pengerjaan praktikum, dan permintaan jawaban atas suatu persoalan yang berkaitan dengan praktikumnya, dapat dilakukan melalui terminalnya masing-masing.
Meski secara konsep berbeda, namun demikian, para mahasiswa peserta praktikum (praktikan) yang diperkenankan praktek di iLab adalah mahasiswa yang ditunjuk atau ditentukan oleh pejabat laboratorium komputer di setiap program studi. 
2. tata tertib memasuki ILAB :
1. Praktikan masuk melewati tangga yang berada di samping belakang pendopo (tidak boleh masuk dari pintu utama)
2. Praktikan menunggu di ruang tunggu yang telah disediakan.
3. Sebelum masuk, praktikan melihat jadwal dan posisi duduk dari TV yang berada di ruang tunggu.
4. Pintu masuk ILab akan dibuka setiap 15 menit sebelum praktikum dimulai.
5. Bagi Praktikan yang akan mengurus administrasi (surat keterangan / memo ), diharapkan menunggu 10 menit setelah praktikum dimulai.
6. Setelah 10 menit bagi praktikan yang ingin mengurus surat keterangan / memo dapat menuju front office.
3. tata tertib berpakaian :

Berpakaian sopan dan rapi
Pria :
  • Pakaian atas : Baju kemeja berkerah
  • Pakaian bawah : Celana panjang bukan dari bahan jeans & sepatu tertutup
  • Bagian bawah baju kemeja dimasukkan ke dalam celana panjang.

Wanita :
  • Pakaian atas : Baju kemeja berkerah
  • Pakaian bawah : Rok bukan dari bahan jeans & sepatu tertutup
  • Bagian bawah baju kemeja dimasukkan ke dalam rok.

Otoritas Integrated Lab berhak untuk menolak Praktikan jika tidak berpakaian sesuai dengan ketentuan di atas.
 PRAKTIKUM Terdiri dari:
1. Trotorial praktikum
2. Modul Praktikum
ADMINISTRASI Terdiri dari :
1. download jadwal : 
Disini kita bisa mendownload modul prktikum ilab sesuai jurusan
2. Sistem penjadwalan praktikum

REGISTRASI KELAS 1/ TUTORIAL KELAS 1:
1. Prosedur praktikum il;ab kelas 1
2. Registrasi kelas 1
3. Cetak kartu praktikum
email ilab@gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar